• Kembali ke Website Pertuni - www.pertuni.or.id
  • Testimony
  • Berita Tunanetra
  • Blog
  • World Blind Union Publications


  • Selasa, 13 Oktober 2009

    Hari Tongkat Putih 15 Oktober

    mitra-jaringan, Wednesday, October 14, 2009 11:08 AM

    Hari Tongkat Putih (White Cane Safety Day) 15 Oktober diperingati di seluruh dunia sejak tahun 1964.
    Kemampuan untuk bepergian secara mandiri dengan aman merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang di dalam masyarakat kita. Kita semua ingin sampai ke tujuan secepat mungkin dan seaman mungkin. Ini tidak terkecuali bagi mereka yang tunanetra, yang jumlahnya mencapai lebih dari 160 juta orang di seluruh dunia (termasuk yang low vision dan buta total).
    Sementara teknologi baru telah memungkinkan orang menghubungkan Global Positioning System (GPS) dengan telepon genggam yang dilengkapi dengan software pembaca layar bersuara yang memungkinkan orang tunanetra melakukan navigasi mandiri di tempat-tempat asing, namun teknologi ini belum cocok atau tersedia secara universal atau masih terlalu mahal untuk dapat dinikmati oleh semua orang tunanetra.
    Di sejumlah negara, penggunaan anjing penuntun juga sangat membantu mobilitas warganya yang tunanetra tetapi di kebanyakan negara penggunaan jasa hewan ini pun masih bermasalah.
    Oleh karena itu, bagi sebagian besar orang tunanetra di dunia, tongkat putih masih merupakan alat bantu yang terpenting.
    Tongkat putih juga telah diakui di seluruh dunia sebagai simbol kemandirian orang tunanetra.

    Didi Tarsidi

    0 Komentar:

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]

    << Beranda