• Kembali ke Website Pertuni - www.pertuni.or.id
  • Testimony
  • Berita Tunanetra
  • Blog
  • World Blind Union Publications


  • Rabu, 14 Oktober 2009

    Hari tongkat putih, mari kita populerkan hari ini di Indonesia...

    mitra-jaringan, Wednesday, October 14, 2009 12:32 PM

    Sejak tahun 2009, di saat saya merasakan lalulintas jakarta semakin kacau, dan yang pernah hampir mencelakai saya karena menyeberang tidak pada saat yang tepat akibat tidak bisa mendengar datangnya motor yang bersuara sangat halus, saya mulai menggunakan "tongkat" terutama saat menyeberang jalan. Di Indonesia, ini bukan hal yang biasa, seorang low vision menggunakan tongkat! Sebagian mungkin bahkan malu!

    Tapi, alhamdulillah itu tidak terjadi pada saya, karena saya mempertimbangkan faktor keamanan diri saya sendiri, di saat harus melakukan mobilitas secara mandiri tanpa dukungan fasilitas publik....

    Sebelum ini, orang tidak pernah bisa mengenali saya sebagai tunanetra, sehingga sering kali bahkan, jika saya minta tolong, mereka melihat saya dengan pandangan aneh! mereka tidak tahu kalau saya low vision....

    Sekarang, setelah saya menggunakan tongkat, selalu ada orang yang menghampiri saya untuk menolong saat menyeberang, atau, pengguna jalan setidaknya bisa memaklumi saya jika saya menyeberang tidak pada saat yang tepat... Jakarta trafic is crazy!

    Jadi, tongkat putihku kini jadi penolong sekaligus pelindungku! Nasehat untuk sesama low vision, ayo! jangan malu pakai tongkat! karena itu membantu....jangan hanya gara-gara malu pakai tongkat membuat para low vision justru takut pergi ke mana-mana sendirian!

    Dengan kita biasa bepergian sendiri, itu juga bisa menjadi salah satu dorongan, betapa pentingnya fasiltas yang aksessibel untuk tunanetra!

    Salam hangat
    Aria.

    0 Komentar:

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]

    << Beranda