• Kembali ke Website Pertuni - www.pertuni.or.id
  • Testimony
  • Berita Tunanetra
  • Blog
  • World Blind Union Publications


  • Sabtu, 23 Januari 2010

    [mitra-jaringan] Selamat Untuk Luluk

    Sebelum bercerita, saya mohon maaf kepada Mas Arif (anggota milis mitra-jaringan@yahoogroups..com) karena tidak meminta izin dulu dalam menceritakan kisah berikut. Niat saya semata-mata untuk berbagi rasa syukur dan informasi kepada semua pihak.

    Hari ini Sabtu 23 Januari 2010, saya bersyukur sekali karena suara Muhammad Luluk kembali jelas. Muhammad Luluk atau panggilan akrabnya Luluk, adalah tunanetra baru. Beliau menyandang tunanetra karena tumor otak yang dideritanya.

    Lelaki lulusan Fakultas Elektro ITB angkatan 1992 ini telah lama mengidap tumor otak dan baru dioperasi setahun yang lalu di RS Kariadi Semarang. Setelah dioperasi, beliau mengalami kesulitan bergerak dan berkomunikasi. Hal itu karena motorik otak terganggu akibat kerusakan sel otak akibat tumor dan operasi. Jadi beliau selain tunanetra juga mengalami kesulitan bergerak (sulit menggerakkan tangan dan kaki karena lemas) dan sulit berkomunikasi.

    Salah satu kakak beliau yang saya panggil Mas Arif, mencarikan jalan untuk membantu adiknya. Salah satu jalannya adalah menjadi anggota milis mitra-jaringan@yahoogroups..com. Setelah membaca beberapa tulisan, Mas Arif berpikir untuk mempertemukan adiknya (Luluk) dengan DPD PERTUNI Jateng karena adiknya saat ini bedomisili di Semarang.

    Pada pertemuan pertama tiga minggu yang lalu, Luluk masih nampak lemas. Seperti biasa kami (DPD PERTUNI Jateng) menerima kedatangannya dengan hangat dan senda gurau ala tunanetra. Alhasil, Luluk senang karena punya teman baru.

    Pertemuan kedua, Luluk lebih bersemangat dan mau mulai belajar komputer. Luluk sangat kesulitan karena masih sukar menggerakkan jari tangannya dan merasakan tonjolan pada keyboard. Hal yang luar biasa adalah Luluk ini sangat gembira ketika menemukan tombol enter. Jadi kami mengajarinya berorientasi pada kesenangan dulu bukan kemampuan operasional komputer.

    Pertemuan ketiga atau hari Sabtu ini, Luluk mengejutkanku karena suaranya nampak jelas dan dapat merespon semua pembicaraan kami. Kosa kata yang kupakai sengaja memilih kata yang sulit, ternyata Luluk dapat menangkap maknanya dan merespon balik.

    Alhamdulillah....Alhamdulillah....Alhamdulillah...Semoga Luluk dapat pulih.

    Semoga teman-teman yang bukan tuna netra dapat mengambil pelajaran dari ceritaku di atas, baik menumbuhkan rasa syukur karena diberi kesehatan, maupun hal-hal lain. Masih banyak Luluk-Luluk yang lain mari kita bekerja untuk mengembalikan semangat hidup mereka.
    Suryandaru, S.H
    ndarusurya@yahoo.co.id & ndarusurya@gmail.com
    http://suryandar.blogspot.com
    +6281325885858

    0 Komentar:

    Posting Komentar

    Berlangganan Posting Komentar [Atom]

    << Beranda